Pemkot Balikpapan
Ruko pembuatan kue bolu pisang atau banana bakery di kawasan Gunung Guntur, di Jalan Letjend S. Parman, Kelurahan Sumberejo, Balikpapan hangus di lalap si Jago Merah, Kamis (9/11/2023).

Diduga Tabung Gas Bocor, Banana Bakery Ludes Terbakar

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com– Sebuah bangunan ruko pembuatan kue bolu pisang atau banana bakery di kawasan Gunung Guntur, di Jalan Letjend S. Parman, Kelurahan Sumberejo, Balikpapan hangus di lalap si Jago Merah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Penjaga toko, Muhammad Muslimin mengatakan, saat kejadian, ia sedang membuat kue bolu di dapur. Dan tiba-tiba saja melihat api yang menyembur dari tabung gas elpiji 12 kilogram.

“Ngga ada suara apa-apa. Tau-tau ada api aja. Nggak ada keciuman sih bau gas juga,” ujarnya, Kamis (9/10/2023).

Menurut Muslimin, melihat kejadian tersebut ian berusaha memdamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (Apar). Namun, api sudah terlanjur membesar dan membakar seluruh bagian bangunan.

“Keluarga saya pas berada di lantai 2, terus ada api, keluarga masih di lantai 2 terus keluar dari samping, terus lompat kebawaj. Dan saya tunggu di bawah, terus anaknya digendong,” ucapnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, bangunan usaha tersebut mengalami kerusakan total.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali mengatakan, pihaknya memperoleh informasi dari masyarakat terkait terjadinya kebakaran ini sekitar pukul 14.00 wita.

“Dimana bangunan yang terbakar ini sebuah tempat usaha penjualan makanan, setelah 1 jam pemadaman api berhasil dikuasai,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk bangunan yang terbakar masih hanya satu bangunan, namun kemungkinan ada imbasnya terhadap banguna yang didekat lokasi kebakaran.

Usman mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan kepolisian untuk penyebab terjadinya kabakatran. Namun dugaan sementara akibat proses pembuatan kue dengan menggunakan tabung gas elpiji.

“Tadi memang ada satu tabung gas elpoiji yang diamankan, untuk pemeriksaan,” jelasnya.

Dalam upaya pemadaman ini, katanya, BPBD Kota Balikpapan menerjunkan sebanyak 10-12 unit mobil PMK Kota Balikpapan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANL-MEI
hosting terpercaya
tes