Selasa, tanggal  21 Mei 2024,  Pemerintah Kabupaten Paser  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Paser yang diikuti 11 Posyandu tingkat Desa dan 3 Posyandu tingkat Kelurahan.

 

Ketua Panitia Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Paser, Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMD, Indah Setyo Rini   dalam  laporannya menyampaikan, “lomba diisi dengan ekspose dan wawancara 2 hari, pada 20-21 Mei 2024. Sebelumnya, para peserta telah melalui proses administrasi.”

 

“Sebelumnya tahap 1 administrasi, menyampaikan profil  dari 11 perwakilan 8 kecamatan. Tahap 2, ekspose wawancara   20-21 Mei dan tahap 3  klarifikasi lapangan,” kata  Indah  pada acara Pembukaan  Ekspose dan Wawancara Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Paser, di Ruang Pertemuan DPMD,” Selasa (21/5/2024).

Indah  menambahkan “Posyandu yang saat ini yang akan di lakukan penilaian oleh tim penilai lomba Posyandu  Tingkat Kabupaten Paser ini, merupakan  Posyandu  yang dinyatakan layak dan berhasil menjalankan tugas dan fungsi serta  melaksanakan kegiatannya  di tingkat Kecamatan  melalui lomba  posyandu  di tingkat kecamatan. Juara 1 baik Posyandu Kelurahan maupun Posyandu Desa nantinya akan mewakili Kabupaten Paser  pada lomba ditingkat Propinsi.” Ujarnya.

Sementara Kepala Dinas PMD Kabupaten Paser, diwakili Sekretaris DPMD  Kasrani Latief dalam sambutannya menyampaikan “ Ucapan  Selamat  dan terima kasih serta  penghargaan kepada panitia, Juri, peserta lomba, Kecamatan, Puskesmas, TP PKK Kecamatan  atas perhatian dan kerjasamanya  sehingga pelaksanaan lomba Posyandu Tingkat Kecamatan dan Tingkat Kabupaten dapat terlaksana  dengan baik” ujarnya

“Sebagai bentuk Pemberdayaan Masyarakat oleh Pemerintah, Posyandu menjadi salah satu Lembaga kemasyarakatan dan merupakan bentuk Upaya kesehatan bersumber daya Masyarakat yang di Kelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk Masyarakat, terutama kesehatan ibu dan anak untuk meraih generasi yang lebih baik menuju Indonesia Emas 2045.”

Kasrani Latief menambahkan “ Dalam rangka penurunan angka stunting saat ini Posyandu di tuntut ambil peran dalam inovasi dan kreatifitasnya mewujudkan perkembangan kesehatan di Masyarakat, sehingga deteksi dini akan kondisi kesehatan di masyarakat dapat terpetakan. Oleh sebab itu sebagai bentuk pembinaan dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Paser,  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  mengadakan Lomba Posyandu Posyandu  tingkat Kabupaten Paser  Tahun 2024.”  katanya

Kasrani Latief juga mengingatkan  “Kepada Pemenang Lomba Posyandu nantinya agar mempersiapkan diri untuk bisa berprestasi di Tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional. Dan diharapkan dengan mengikuti Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Paser akan semakin meningkatkan minat warga sekitar wilayah Posyandu untuk datang memeriksakan tumbuh kembang anak-anak balita, dalam rangka mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera).”) Kasrani menutup penjelsannya.

Share.
Leave A Reply